Domainesia

DomaiNesia

Berikut 4 cara Back Up Data iPhone ke External Drive


Insiden baru-baru ini mengingatkan saya akan pentingnya membuat Back up data secara teratur. Saya menyadari saya salah meletakkan Iphone yang berumur lebih kurang 6 bulan, sehingga membuat saya panik.

Saya tidak tahu bagaimana atau mengapa saya berhasil meninggalkan ponsel saya di sana, tetapi seandainya saya tidak menemukannya, situasinya mungkin jauh lebih buruk. Sudah berbulan-bulan sejak saya nge-back up data. Saya beruntung bisa mengatasi hal ini yang disebabkan oleh kecenderungan saya yang linglung.
Baca Juga :
Bagaimana 4 tips cara membuat Back Up data yang harus dilakukan? 

1. Simpan Ruang Drive Utama

Apple menuntut ruang penyimpangan yang banyak untuk cadangannya, terutama karena sering menyimpan banyak versi. Hard drive 256-GB untuk menjalankan satu sistem dan menjaga keamanan data tidak lagi cukup.

Masalahnya, Apple tidak mempermudah sinkronisasi cadangan ke drive eksternal secara otomatis. Biasanya, pemilik iPhone akan mencolokkan perangkat mereka, dan Apple akan membuat direktori di hard drive utama dan mencadangkannya di sana. Itu mudah, dan itu mungkin cukup bagi kebanyakan orang. Memaksa iTunes untuk menyimpan cadangan di tempat lain membutuhkan trik pengalihan.

2. Menggunakan Windows 10

Inilah bagaimana saya memecahkan masalah pada sistem operasi Windows 10. Pertama, sejak saya memiliki kapasitas yang cukup pada drive saya saat ini, saya membuat cadangan data iPhone menggunakan metode sinkronisasi iTunes biasa ke lokasi default, apabila ada masalah yang harus terjadi. Saya akan membuka folder yang digunakan Apple untuk menyimpan cadangan, biasanya yang ini:
C:\Users\[Username]\AppData\Roaming\AppleComputer\MobileSync\Backup
Kamu harus mengganti [Username] dengan nama penggunamu yang sebenarnya

Maka kamu harus menyalin folder itu ke lokasi cadangan baru yang kamu inginkan, lalu hapus folder Backup yang asli atau beri nama "BackupOld.". Kemudian tahan tombol shift dan klik tombol kanan mouse untuk membuka jendela perintah (Command Window). Lalu, masukkan yang berikut ini:
mklink /J "%APPDATA%\Apple Computer\MobileSync\Backup" "[External Drive]:\iTunes Backup"
Tentu saja, kamu harus mengganti [External Drive] dengan huruf drive kamu yang sebenarnya.

Dibagian ini juga kamu dapat menambahkan subfolder jika kamu ingin menyimpan penyimpanan kamu se-organisir mungkin. Jadi, hal seperti ini akan berfungsi dengan baik:
E:\MyBackups\iTunes Backup
Kemudian Anda dapat menutup jendela prompt perintah, dan mencoba cadangan iPhone untuk melihat apakah berfungsi.

3. Menggunakan macOS

Langkah-langkahnya serupa untuk sistem Mac. Kamu harus menemukan folder cadangan standar di sini:
~/Library/Application Support/MobileSync/
Salin, kemudian hapus atau ganti nama folder cadangannya. Kemudian buka terminal dan ketik ini:
ln -s /Volumes/[Eksternal Drive]/MobileSync/Backup ~/Library/Application\ Support/MobileSync/Backup
Tutup terminal dan coba cadangan iPhone untuk melihat apakah berfungsi.

4. Lebih baik aman daripada menyesal

Bahkan jika kamu memiliki hard drive utama yang cukup besar untuk menangani Backup milikmu tanpa ada kekhawatiran, kirim data kamu ke Drive Eksternal yang memiliki kelebihannya. Hal ini dapat bertindak sebagai kegagalan sistem di luar jika komputer kamu macet dan tidak bisa diperbaiki. Ini juga membebaskan drive utama, yang mudah-mudahan akan menjaga komputer milikmu bekerja dengan tenang untuk sedikit lebih lama.

Dalam kasus tersebut, harap ingat untuk Back up iPhone kamu secara teratur. Dan sebisa mungkin jangan menempatkan diri kamu dalam situasi di mana kamu bertanya-tanya selama 15 menit jika kamu membuangnya dengan mendaur-ulang.

Posting Komentar

0 Komentar